Bidadari yang Hadir ke Dunia

     Bidadari yang Hadir ke Dunia (Part 1)


        Muhammad bin An-Nu'man Al-Muqri berkata "Suatu hari, ketika saya sedang duduk-duduk bersama Al-Jala Al-Muqri, tiba-tiba lewat seorang tua yang berperawakan tinggi, ramping, dan mengenakan beberapa kain yang telah usang. Al-Jala menghampirinya, berdiri sesaat bersamanya, lalu meninggalkannya. Al-Jala berkata "Tahukah kalian, siapa orang tua tadi?" Kami menjawab, "Tidak. Kami tidak mengenalnya." Al-Jala berkata, "Ia adalah orang yang telah membeli bidadari Allah swt, dengan 4000 kali khatam Al-Qur an. Ketika telah menyempurnakan, ia melihat bidadari itu di dalam mimpi dengan pakaian dan perhiasan yang dikenakannya. Orang tua itu bertanya, "Siapakah kamu?" Bidadari itu menjawab "Saya adalah bidadari yang telah kamu beli dari Allah swt dengan khatam 4000 kali Al-Qur an. Itulah harganya. Hadiah apakah yang akan kau berikan kepada saya?" Orang tua itu berkata "1000 kali khatam Al-Qur an." Al-Jala berkata, "Setelah itu, orang tua tersebut berusaha untuk memenuhi janjinya kepada bdadari yang pernah dilihatnya. 

        Diriwayatkan dari Tsabit bahwa ia berkata, "Ayahku adalah orang yang senantiasa berobadah kepada Allah disebagian waktu malam. Ayahku berkata, 'Suatu malam, aku bermimpi melihat perempuan yang tidak seperti perempuan umumnya.' Saya bertanya kepadanya, 'Siapakah kamu?' Ia menjawab 'Saya adalah bidadari, hamba Allah swt.' Aku bertanya, 'Maukah kamu menikah denganku?' Ia menjawab, 'Lamarlah saya pada Rabbku dan bayar mahar saya.' Aku vertanya 'Apa maharmu?' Ia menjawab, 'Selalu bertahajjud.' 

Wahai peminang bidadari disudut rumahnya

Dan mencari sekuat kemampuannya

Bangkitlah dengan sungguh-sungguh dan jangan terlambat

Paksalah jiwamu untuk bersabar

Hindarilah Manusia

Dan menyendirilah untuk mengingatnya

Bila malam telah menampakan wajahnya, maka shalatlah

Puasalah disiang hari, karena itu adalah maharnya

Sekira matamu melihat kedatangannya

Dan nampak isi dadanya

Yang tengah berjalan diantara pakaiannya

Sedangkan kalungnya berada dilehernya

Tentu akan terasa hina

Segala kegemerlapan dunia

        Mudhar Al-Qari' berkata, "Suatu malam, saya tidak bisa menahan kantuk. Saya pun tidur dan meninggalkan wirid yan biasa saya baca setiap malam. Saat itu, saya melihat seorang perempuan berwajah seperti bulan purnama sedang membawa kertas putih, Perempuan itu berkata 'Apakah kamu bisa membaca, wahai Tuhan?' Saya menjawab, 'Benar. Saya bisa membaca' Perempuan itu berkata, 'Bacalah tulisan ini.' Perempuan itu membentangkan sehelai kertas yang dibawanya dan didalamnya terdapat tulisan berikut -Demi Allah, setelah saya membacanya, kantuk sayapun hilang-

Kelezatan dan angan-angan telah melalaikanmu

Dari menggapai Firdaus dan naungan abadi

Dan kelezatan kantuk hingga lupa pada hidup yang baik

Serta berbagai kebaikan dikamar-kamar surga

Bangunlah dari tidurmu, ada yang lebih baik dari tidur

Yaitu salat tahajjud dan membaca Al-Qur an



Karya dari Dr. Mushthafa Murod -Wanita Teladan Sepanjang Zaman-

Komentar